Aspire One gagal Shutdown

.

Mengingat kebutuhan sebagai tehnisi komputer dan speedy yang mobile, aku putuskan untuk beli Netbook Acer Aspire One D260 dengan alasan 1. Baterai 6 cell, 2. Tidak gampang panas, 3.Merk Acer kwalitas lebih baik daripada merk lokal. Pilhan jatuh pada Aspire One D.260 pakai OS Linux Limpus dengan harga relatif murah dibandingan pakai OS Windows. Ternyata Netbook branded sekelas Acer mempunyai kelemahan jika diinstall Windows XP SP2, yaitu gagal shutdown (Netbook harus dimatikan paksa dengan menekan tombol power).  Berikut ini tips mengatasi gagal shutdown Aspire One.

Yang saya maksud tidak bisa Shutdown disini adalah "Windows Hang (diam) ketika berada pada kondisi Windows is Shutting down" dan memaksa anda untuk menekan tombol power yang lama sampai power mati. Sebenarnya hal ini tidak terjadi jika kita tidak install driver webcam dari cd bawaan acer, bahkan tanpa diinstalpun windows xp sudah mengenali driver webcam. Cukup install aplikasinya saja. Aneh bukan..?

Penyebab utama masalah ini berkaitan dengan hardware yang terpasang, dan salah satu diantaranya adalah hardware yang menggunakan koneksi USB.
Dalam hal ini, kasus shutdown pada Acer Aspire One seringkali terjadi oleh konflik Driver Webcam. Lho ???, bukankah webcam-nya sudah terpasang sejak pembelian ? .. iya, namun sebenarnya webcam tersebut terkoneksi ke motherboard laptop melalui kabel yang tersambung dengan mode USB.


Nah, sebagai solusinya (ini berlaku juga untuk masalah yang sama pada komputer selain laptop) adalah sebagai berikut :

1. Analisa error dengan cara mendisable perangkat USB (camera, wireless dll) satu persatu dari Device Manager, lalu coba langsung Shutdown.
2. Jika (misalnya) ditemukan fakta bahwa ketika Camera (WebCam) di-disable windows dapat shutdown normal, maka solusinya adalah menguninstall driver WebCam tersebut dan mendownload patch yang dibutuhkan dari situs penyedianya.

Cara ini berlaku juga untuk fakta pada hardware lain jika memang NORMAL yang anda temukan adalah ketika mendisable hardware tersebut.

Kesimpulannya, jika install windows XP pada Acer Aspire One D260:
1. Install driver dari CD bawaan acer seperlunya saja, jika windows sudah mengenali driver tidak perlu install pakai cd driver acer. Terutama driver webcam yang bikin hang di windows xp.
2. Banyak driver acer yang ternyata tidak ada pada hardware netbook yang kita beli, seperti wireless 3G,
3. Menurut saya kelemahan acer aspire one jika dibandingkan netbook lain masih lebih bagus karena baterai 6 cell, tidak mudah panas, kualitas hardware lebih terjamin.

5 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz