Service Mesin Cuci Sanyo 2 Tabung

.

Baru-baru ini mesin cuci di rumah rusak, tabung buat nyuci tidak mau berputar sedangkan tabung pengering berputar normal. Setelah searching di google dengan keyword "service mesin cuci",  ketemu beberapa kemungkinan sumber kerusakan.


Kemungkinan 1, kapasitor rusak ( mesin cuci 2 tabung kapasitor jadi 1)
Kemungkinan 2, dinamo rusak ( jika van belt tidak dipasang dinamo tetap tidak mau berputar)
Kemungkinan 3, pulsator rusak

Karena tabung pengering bisa berputar, kemungkinan rusak kapasitor saya abaikan dan menyimpulkan yang rusak dinamonya... Konyolnya saya langsung bongkar dinamo dan langsung saya tes ke listrik. (dinamo tanpa kasitor tidak mau berputar....). Akhirnya dinamo dibawa ke ahlinya untuk di spoole / lilit ulang. Disana dinamo tidak perlu dililit hanya cukup diservice karena kabel putus.

Sampai dirumah dinamo dipasang seperti sediakala... Lha dalah.... mesin tetap tidak mau berputar. Kalo van belt / sabuk ke roda mesin cuci TIDAK dipasang dinamo berputar....

Ehm.... apanya yang rusak ? Setelah konsultasi ke teman katanya dinamo perlu dilit ulang, searching ke mbah google kalo tidak kapasitor mungkin plusator.

Daripada pusing cari spealist mesin cuci. Setelah 15 menit cek sana-sini akhirnya nambah kapasitor.
Sebelumnya 1 kapasitor untuk 2 tabung. Wer..... mesin cuci sudah ok dan putaran dinamo makin kenceng.

Kesimpulannya:

  1. Mesin dengung tapi dinamo tidak berputar / dinamo berputar jika tanpa fan belt atau sabuk roda mesin / mesin berputar jika harus dibantu diputar pakai tangan. Kemungkinan rusak ada pada KAPASITOR. Jika 1 kapasitor untuk 2 tabung, tambah kapasitor sehingga masing-masing tabung punya kapasitor. 1 kapasitor untuk tabung pengering dan 1 kapasitor untuk tabung penyuci.
  2. Dinamo rusak perlu dililit ulang. Gejalanya: - dinamo tidak berdengung, - dinamo tidak berputar sama sekali meskipun tanpa beban atau sudah ganti kapasitor. Kalo cek dinamo langsung ke listrik tanpa dikasih kapasitor otomatis dinamo tidak berputar.
Semoga bermanfaat.....

10 comments:

Unknown said...

mantap gan. makasi infonya

Anonymous said...

untuk nambah kapasitor,apakah ukurannya harus sama dgn yg pertama...trus di pasang di sebelah mana??

Anonymous said...

asslm;
sya pnya permasalah dengan mesin cuci saya,sdh sya ganti kapasitornya tetap masih dengung,,!! bs berputar tetapi suaranya sangat keras dan berisik,
tolong kasih penjelasan dan kalaupun dinamonya yg rusak gmana caranya membukanya?
terima kasih

Freezer said...

Berarti kalau kejadian kerusakan seperti itu, kita cukup menambahkan kapasitor mesin cuci tersebut aja ya gan. Terima kasih gan.

freezer said...

Memang susah sepantasnya kalau perawatan mesin cuci itu harus sering kita jaga, agar tidak terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

Aktual24jamnews said...

Terimakasih ilmu nya kebetulan gejala kerusakan mesin cuci saya mirip seperti yg dijelaskan...setelah baca ini akan langsung saya coba dan nanti akan saya bagi juga hasil nya...sekali lagi terimakasih banyak

asdas said...
This comment has been removed by the author.
asdas said...

Thank you for your post, myself very happy to read it because it can give me more insight, thanks.. Visit my blog..thankyou

777slot
Judi Slot88

SLOT165 said...
This comment has been removed by the author.
tousmee said...

l3q21b1a32 s5j00p6b80 g9k01a4c41 i8t90e0c35 c1k24z0u57 d3h06i4q18

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz