Prospek Bisnis Warnet 2013

.

Sebagai tehnisi yang sering maintaince di beberapa warnet, saya akan mengupasa prospektus bisnis warnet 2013. Tahun ini banyak warnet yang collapse dan menutup usahanya karena pendapat sangat menurun alias SEPI. Tapi dilain pihak juga ada warnet yang masih rame dengan pendapat sangat tinggi.



Beberapa hal yang menyebabkan warnet rame adalah:
1. Koneksi internet
Koneksi internet yang stabil dan kencang merupakan faktor utama pelanggan betah di warnet anda. Saya punya pelanggan warnet dengan 10 client, koneksi 3 mb, pc masih pakai intel G31 dan memori 1GB pendapatan rata-rata 300 ribu / hari.... Selain itu kualitas jaringan telkom di lokasi warnet juga sangat penting, sebab koneksi tinggi tapi jaringan jelek akan membuat koneksi tidak stabil.
Yang penting browsing kenceng, youtube lancar, game tidak nge-lag kunci utama pelanggan betah di warnet anda. Saya sendiri menggunakan ubuntu proxy server untuk melimit download, menyimpan cache dan update game, sedangkan browsing full tanpa limit.

2. Setting Komputer, Billing dan Printer
Banyak warnet yang masih menggunakan anti virus justru menambah lemotnya komputer dan koneksi tersedot pada saat update. Pengalaman, dengan menggunakan anti exe, winlock dan rollback (tanpa anti virus) komputer client aman-aman saja. Beri sedikit animasi pada windows agar pelanggan betah.
Setting harga pada billing juga sanga pengaruh dengan pendapat warnet. 
Fasilitas printer yang murah akan menjadikan pengunjung kelas mahasiswa/pelajar akan memberikan nilai positip pada warnet anda.

3. Kebersihan dan kenyaman pelanggan
Warnet yang bersih dan tempat parkir yang aman juga pendukung ramai dan tidaknya pengunjung.

4. Lokasi Warnet
Berdasarkan survey, lokasi yang strategis bukan kebutuhan mutlak. Justru lokasi yang terjangkau FO (fiber optik) atau daerah yang menggunakan remote DSLAM akan membuat koneksi makin mantap.

Sekarang ini banyak juragan warnet yang mengeluh pendapatannya turun. Banyak pemilik warnet yang tidak mengerti komputer dan parahnya mereka tidak mempunyai tehnisi tetap. (kesalahan FATAL). Warnet yang hanya mengandalkan tehnisi panggilan cenderung menu aplikasi yang ada di komputer tidak up to date. Saran saya pakai tehnisi yang jujut, ngeh-komputer dan jaringan adsl speedy.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz