Trik membangun SQUID

.

Pengetahuan dasar tentang squid wajib dipahami dalam membangun squid proxy server.
Ada hal hal penting yang sering terlewatkan dalam membangun sebuah squid, beberapa di antaranya :

  • Jumlah ram.
Ram 1 Gb dan 2Gb tentu akan berbeda hasilnya terhadap disk cache, rata rata setiap 1GB cache akan mebutuhkan 30MB RAM, jika besar RAM 1GB baiknya cache diset kurang lebih dari 25GB. Karena Nix akan meloar seluruh kernelnya ke RAM, jadi harus di pastikan bawah selalu tersedia space yang memadai untuk tempat kernel nix di load pada ram. Dan menghindari terjadinya swapping memory ke hardisk yang sangat di haramkan untuk sebuah squid proxy. Sangat lucu sekali jika cache di set sebear 120GB tanpa pengatahuan mendasar soal penggunaan ram pada squid. Hanya karena kapasitas hardissk yang besar lantas men-set cache juga besar dan swap juga besar. Hal yang tabu untuk squid.


  • Hard Disk Drive
SCSI lebih baik dari pada SATA, dan SATA tentu lebih baik daripada IDE, yang seimbang dan mungkin sedikit lebih baik dari SCSI dari segi speed adalah SSD. Jangan menggunakan configurasi RAID, utamanya RAID4/5 check link ini jika anda tidak percaya. LINK RAID 3HDD lebih baik dari pada 2hardisk dan 2 hardisk tentu lebih baik daripada 1 harddisk.
  • Mount Options.
Gunakan selalu Noatime dan notail untuk cache dir. Jika anda menggunakan format Raiserfs. Jika menggunakan EXT4 tambah option barrier=0. Dan jangan coba coba menggunakan option data=writeback jika tidak ingin melihat squid menampilkan pesan kernel panic
  • Disk Space Usage
Hardisk akan mengalami penurutanan performa jika spacenya sudah diatas 75%. Untuk itu set lah cache dir squid di bawah 75% dari space partitionnya. Dan setiap partition lebih ukurannya tidak lebih besar dari 20GB.
  • File System.
File system juga perlu di pertimbangkan untuk cache dir squid.
File system untuk linux
RaiserFs
File system RaiserFS sangat baik untuk menghandle ribuan bahkan ratusan ribu file file kecil seperti file – file cachenya squid. Option notail noatime sangat di sarankan penggunaannya pada file system RaiserFS
Ext4
Gunakan option noatime barrier=0 data=writeback
Ext2
Keuntungan ext2 adalah bukan journaling file system. Set di /etc/fstab untuk mematikan fsck saat booting.
Solaris
Gunakan ZFS. Dan ingat ZFS sangat boros pada penggunaan memori

Sumber:  http://wiki.warneter.net/os-terbaik-untuk-squid.aspx

Artikel terkait:
1. Cara Kerja Squid
2. Ubuntu Server 11.04
3. Blok Situs Porno di Ubuntu Server

Jika artikel ini bermanfaat silahkan tulis email anda:






Delivered by FeedBurner


2 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz