Ubuntu Server 11.04

.


Ubuntu server memang top markotop, gambar diatas adalah murni capture dari speedy paket Familia 1 Mbps yang sudah melewati proxy server. Sebelumnya saya sudah mencoba Mikrotik, Clear OS dan terakhir Ubuntu Server 11.04.
Sebelumnya saya sempat jatuh hati pada Clear OS karena di berbagai forum tutorialnya seabrek dan kemudahan instalasi yang berbasis web. Mengingat kebutuhan warnet yang harus patch game dan cache video seperti youtube. Berikut perbandingan ubuntu server dibandingkan clear os atau mikrotik dari pengalaman membuat proxy beberapa warnet.
ClearOS
ClearOS 5.2 masih menggunakan squid 2.6, bisa diupgrade ke squid 2.7 atau squid 3 tapi tidak bisa cache hasil browsing (sia-sia tuh hasil oprek..). Buat game online hanya bisa nge-patch PB, dan yang paling menyebalkan waktu start dan shutdown sangat lama.  Di Clear OS partisi mash menggunakan format EXT3 sedangkan ubuntu sudah menggunakan EXT4 dengan squid 2.7.

Ubuntu Server
Banyak yang tidak suka pada ubuntu karena alasan instalasi yang murni harus mengetik secara manual seperti mengetik pada DOS prompt. Ah, basi tahu... padahal proses instalasinya sangat mudah, tinggal cari tutorialnya dan copas scriptnya melalui winscp.  Memang proses instalasi ubuntu agak lama karena modul / paket yang harus diinstall langsung online. Dari beberapa sumber, banyak yang menggabungkan ubuntu dengan routerboard mikrotik (RB750). Saya sendiri lebih suka ubuntu tanpa mikrotik biar biaya pembelian routerboard bisa buat upgrade server atau ongkos jasa tehnisi.

Kelebihan ubuntu server:
1. Start / shutdown cepat.
2. Hasil update game online tersimpan dalam server (patch game online) termasuk flash player.
3. Performansi bagus (speedy 1 Mbps terasa seperti speedy 2 Mbps....mak nyus...)
4. Dengan sedikit oprek pada squid bisa cache dinamic content seperti video youtube.
5. Banyak yang mengatakan kalau kepingin bisa cache youtube harus pake LUSCA, (squid 2,7 bisa koq..)

Kekurangannya.
1. Proses instalasi agak lama karena paket yang di install harus update secara online.


Buat mengatasi atau mempermudah installasi bisa melalui software Winscp dan Putty, tinggal klak-klik copy paste dari  tutorial ubuntu server. Pengetikan secara manual hanya buat seting configurasi lan card, selanjutnya tingal copas melalui winscp.

Berikut tutorial ubuntu server punya teuku rizal, bagi yang membutuhkan tutorial ubuntu server biar bisa cache youtube bisa email saya atau mungkin jasa installasi ubuntu server biar lebih mak nyus...

Download Tutorial Ubuntu Server


Jika artikel ini bermanfaat silahkan tulis email anda:






Delivered by FeedBurner

26 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz