PC Client jadul tapi cepat dan tangguh

.

Pada postingan kali saya akan berbagi pengalaman tentang installasi client warnet game dengan spek minimum. Komputer dengan spek AMD Sempron, memori 1 GB, hard disk 80 Gb 2 partisi. Penyakit yang paling banyak terjadi pada client biasanya kena virus dan download pakai IDM.

Skenario yang saya pakai buat client warnet:



1. Hard disk partisi jadi 2,
Partisi C buat windows dan aplikasi dan Partisi D buat game. Deepfreeze pada partisi C saja, karena game perlu update maka partisi D tidak usah di deepfreeze.

2. Install semua aplikasi
Semua aplikasi diinstall pada partisi C dan semua game diinstall pada partisi D. Karena pc-client dengan spek yang pas-pasan, saya tidak menggunakan anti virus. Anti virus bikin loading lambat, saya lebih suka pakai smadav karena super ringan.

3. Install Anti Virus hanya pada komputer Data Server. Sharing folder buat data client. Pada semua client arahkan semua data / my documents ke data server.

4.Install senjata pamungkas
Setelah semua aplikasi dan game sudah diinstall semua dan semua aplikasi sudah berjalan dengan semestinya. Install Winlock, Anti Exe dan Roll back / Deepfreeze.
Winlock untuk menutup Run, Regedit, hiden drive C dan D.
Anti Exe berguna untuk menolak aplikasi yang tidak terdaftar pada white list.
Roll back sebagai sercurity pada drive C.

5. Password BIOS dan urutan booting hanya pada hard disk.


Amankah data pada partisi D ?

Karena data / game pada partisi D tidak di deepfreeze, mungkinkah virus masuk atau data kena delete mengingat client tidak  pakai anti virus?  Hampir semua penyebaran virus atau file yang terkena virus biasanya file berubah menjadi file executable (.exe, .bat, .com, dll). Karena sudah diinstall anti exe, file-file yang terkena virus tidak akan bisa di eksekusi atau di jalankan.

Data/game pada partisi D kena hapus ? hapus darimana kerna  partisi C dan D sudah di hiden oleh Winlock, sehingga user tidak bisa buka folder yang ada di C dan D.

Trik ini biasa saya pakai buat install client di beberapa warnet langganan saya dan alhamdulillah sudah berbulan-bulan masih aman dari serangan virus dan bandwith aman dari IDM.

Bagi rekan-rekan pengelola warnet silahkan memberi masukan melalui komentar dibawah.

2 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz