TELKOM Kuasai Bisnis Broadband Wireless Access

.






Jakarta, 20 Juli 2009 – PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyambut positif hasil lelang maupun proses lelang Broadband Wireless Access (BWA) yang dilakukan Pemerintah, Kamis 16 Juli 2009 lalu. Sebagai hasil dari proses tender BWA tersebut Telkom kini memiliki lisensi BWA untuk 12 zona (7 lisensi 3.3 GHz dan 5 lisensi 2.3 GHz tanpa overlap) dari 15 zona di Indonesia.

Menurut Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, Telkom mendapat lisensi BWA 3,3 GHz di 7 zona yaitu Jabodetabek + Banten, Sumatra Utara, Sumatra Tengah, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Sementara lisensi BWA 2,3 GHz untuk 5 Zona lainnya, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Papua dan Maluku

Dengan portfolio Broadband yang dimiliki tersebut, Telkom akan dapat melayani hampir seluruh populasi di Indonesia, dan telah sesuai dengan semangat dan komitmen Telkom menyediakan akses internet yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. ”Layanan Broadband yang terjangkau tentunya dapat mendukung pertumbuhan sosial dan ekonomi Indonesia,” kata Eddy Kurnia.

Melalui lelang BWA tersebut Telkom kini memiliki lisensi BWA untuk 12 zona. Dalam lelang yang diselenggarakan oleh Pemerintah secara elektronik tersebut terdapat 21 peserta untuk memperebutkan 15 zona BWA. Awalnya pemerintah menawarkan harga Rp 52 milyar tetapi pada akhir lelang, karena banyak peminatnya pemerintah menetapkan harga Rp 460 milyar yang dimenangkan oleh 8 peserta.

”Lisensi tambahan yang dimiliki tersebut akan dimanfaatkan baik oleh Telkom maupun oleh anak-anak perusahaan, khususnya Telkomsel,” jelas Eddy Kurnia. Menurutnya, layanan internet cepat Speedy dan Telkomsel Flash dari Telkomsel akan lebih maksimal melayanai kebutuhan masyarakat akan internet cepat mobile.

Implikasi perolehan lisensi BWA tersebut bagi bisnis Telkom tentunya akan semakin memperkuat New Wave Business yang saat ini tengah tumbuh. Teknologi ”new wave” akan menyelaraskan kekuatan Telkom Group sekaligus memberikan solusi baik bagi pelanggan ritel maupun korporasi.

”Kami yakin, lisensi baru tersebut akan memuluskan jalan untuk migrasi ke high-speed, mobilitas penuh, sesuai dengan permintaan untuk layanan suara, internet dan multimedia,” ujar Eddy Kurnia.

Broadband wireless access, demikian Eddy Kurnia, memiliki keunggulan kompetitif dalam aspek kecepatan penggelaran infrastruktur dibanding kabel (wireline), estimasi nilai investasi yang lebih menarik, kesesuaian dengan kebutuhan life style masyarakat urban untuk layanan broadband (bergerak, nyaman, mudah), sebagai backhaul jaringan akses, solusi kebutuhan dunia usaha yang dinamis, solusi kebutuhan masyarakat non urban (rural, semi urban), serta emergency/contingency bila terjadi bencana alam (misalnya banjir).

Eddy Kurnia menilai harapan perolehan Telkom dengan lisensi yang dimilikinya tersebut akan memberikan kontribusi yang sangat besar kepada negara antara laian dalam bentuk percepatan pembangunan dan peningkatan penetrasi brodaband, internet dan value added services kepada masyarakat luas secara nasional; menumbuhkan lapangan pekerjaan terkait dengan bisnis broadband dan turutannya; dan lain-lain.

Selamat deh buat telkom dan seluruh mitranya..

1 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz