Tentang Cosa Aranda

.


Mungkin diantara rekan-rekan penasaran tentang Cosa Aranda, icon adsense dengan penghasilan 4 digit. Berikut aku comot artikel tentang bang Cosa, yah sebagai motivasi diri buat lebih semangat belajar..


Saya, Cosa Aranda, mulai mengenal dunia internet sejak tahun 1996. Warnet Wasantara Net yang ada di kantor pos Jemursari menjadi tempat persinggahan rutin kala itu. Meskipun kalau dipikir-pikir, gak jelas juga saat itu browsing di internet buat apa, hehehe. Di tahun itu juga saya diterima sebagai mahasiswa S1 Tehnik Komputer di ITS Surabaya melalui jalur UMPTN. Namun karir sebagai mahasiswa di sana hanya bertahan 2 tahun karena pada akhir semester 4 saya di-DO karena jarang masuk kuliah.

Sempat bekerja sebagai sales dan teknisi komputer serabutan, akhirnya saya diterima sebagai pekerja kantoran di tahun 1999. Profesi saat itu adalah sebagai copywriter merangkap game tester (ya, salah satu jobs description mewajibkan saya untuk ngegame!) merangkap webmaster dan web programmer sebuah portal game yang cukup populer. Dari pekerjaan sebagai webmaster itu akhirnya saya banyak bersentuhan lagi dengan dunia internet, termasuk berkenalan dengan bisnis internet di tahun 2000 ketika saya membuka situs jualan saya yang pertama.

Kualitasnya? Jangan tanya, hanya berupa satu halaman depan berisi pengenalan dan info pemesanan, serta tautan untuk mengunduh katalog produk.
‘Niche’ dagangan saya yang lumayan laris waktu itu (saya sempat memilii dua ‘anak perusahaan’ dan bekerjasama dengan sebuah majalah) rupanya menarik banyak peminat, termasuk seorang investor yang menawarkan kontrak kerjasama dengan menyediakan modal untuk membuka toko di sebuah mall ternama di Surabaya. Yah, namanya anak muda sok tahu, prinsipnya adalah biar susah yang penting jadi bos, hehehe. Tawaran tersebut saya tolak.

Beberapa bulan kemudian akhirnya usaha toko online tersebut bangkrut, kalah bersaing dengan pemain-pemain baru yang punya modal segepok. Meskipun gagal, saya mendapat pelajaran berharga waktu itu, bahwa bisnis di internet memiliki potensi yang sangat besar. Saya ingat, saya mulai membuka toko online dengan modal tabungan saya di bank sejumlah 1.5 juta rupiah. Selama kurun waktu 6 bulan pertama, omzet yang masuk mencapai 60 juta. Lumayan loh untuk ukuran tahun 2000 itu.

Perjalanan hidup berlanjut dengan masuk ke STIKOM Surabaya jurusan Sistem Informatika (sekarang Sistem Informasi, dan sampai sekarang saya juga belum lulus). Untuk menambah-nambah uang saku, saya mencoba ‘mengkaryakan’ sumber daya sisa toko online sebelumnya dalam beberapa usaha offline yang buntut-buntutnya gagal juga karena besar pasak daripada tiang, hahaha.

Dengan kondisi keuangan yang tidak bisa dibanggakan, saya bersinggungan lagi dengan dunia bisnis internet. Tepatnya di tahun 2002. Sebuah bisnis yang kelihatannya tidak masuk akal waktu itu, bisnis PTC (Paid To Click). Bagaimana bisa dinalar, jika hanya dengan mengklik iklan (dan membangun jaringan) saja kita bisa mendapat dolar? Namun ternyata fakta berbicara. Bisnis PTC booming dan penghasilan bulanan saya dari PTC sudah cukup untuk membayar biaya kuliah, biaya transport, biaya makan-makan, dan biaya pacaran, hehehe.

Tapi inilah kejamnya dunia internet. Sesuatu yang easy come, bisa juga easy go. Berkat bantuan para scammer yang merajalela, bisnis PTC mengalami kejatuhan total di tahun 2003. Tidak sedikit investasi saya yang hangus percuma, namun syukurlah, persediaan tabungan masih mencukupi hingga tahun 2005, dimana saya berkenalan dengan blog dan Google AdSense.

Bulan Februari membuat blog, bulan April mendaftarkan diri dan pertama kali memasang Google AdSense, dan bulan September pertama kali penghasilan saya di sana menembus angka $1,000 per bulan. Dan mungkin yang membuat akhirnya banyak orang mengenal saya adalah ketika angka tersebut berubah menjadi $4,000 per bulan di bulan Desember 2005.

Harus diakui bahwa Google AdSense memang telah mengubah hidup saya. Dari yang blognya sepi hingga rame pengunjung. Dari yang dulunya cuman bisa makan steak tiap setahun sekali (pas ultah) hingga bisa tiap hari (kalau mau). Dari yang dulunya tidak dikenal orang di jalan hingga sekarang… tetep aja gak dikenal orang di jalan, hihihi.

Jika dihitung semenjak tahun 2001, sekarang sudah melewati tahun ke-8 saya menjadi pebisnis internet. Dari memonetisasi blog, menjadi affiliasi, membuat situs berbasis keanggotaan, membuat layanan monetisasi, hingga berjualan produk digital buatan sendiri. Dari CosaAranda.Biz, Reviewmu.Com, hingga sekarang PanduanDasar.Com. Dari diwawancarai koran, majalah, radio, hingga diliput di televisi. Dari bangkrut, gagal, hingga sukses. Semua sudah saya jalani.

Saya mencintai bisnis internet, saya bangga menjadi salah satu pebisnis internet di Indonesia, dan saya ingin agar lebih banyak lagi pebisnis internet Indonesia yang sukses! Situs ini, PanduanDasar.Com, adalah salah satu usaha saya untuk mewujudkannya, dengan menyediakan artikel dan produk berkualitas seputar bisnis internet, dengan satu tujuan, membantu mereka-mereka yang mau berusaha untuk berada di jalur sukses yang benar.

Mari bersama kita meniti jalur kesukesan.

Atikel diambil dari http://panduandasar.com

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz