Service Mesin Cuci Sanyo 2 Tabung

.

Baru-baru ini mesin cuci di rumah rusak, tabung buat nyuci tidak mau berputar sedangkan tabung pengering berputar normal. Setelah searching di google dengan keyword "service mesin cuci",  ketemu beberapa kemungkinan sumber kerusakan.


Kemungkinan 1, kapasitor rusak ( mesin cuci 2 tabung kapasitor jadi 1)
Kemungkinan 2, dinamo rusak ( jika van belt tidak dipasang dinamo tetap tidak mau berputar)
Kemungkinan 3, pulsator rusak

Karena tabung pengering bisa berputar, kemungkinan rusak kapasitor saya abaikan dan menyimpulkan yang rusak dinamonya... Konyolnya saya langsung bongkar dinamo dan langsung saya tes ke listrik. (dinamo tanpa kasitor tidak mau berputar....). Akhirnya dinamo dibawa ke ahlinya untuk di spoole / lilit ulang. Disana dinamo tidak perlu dililit hanya cukup diservice karena kabel putus.

Sampai dirumah dinamo dipasang seperti sediakala... Lha dalah.... mesin tetap tidak mau berputar. Kalo van belt / sabuk ke roda mesin cuci TIDAK dipasang dinamo berputar....

Ehm.... apanya yang rusak ? Setelah konsultasi ke teman katanya dinamo perlu dilit ulang, searching ke mbah google kalo tidak kapasitor mungkin plusator.

Daripada pusing cari spealist mesin cuci. Setelah 15 menit cek sana-sini akhirnya nambah kapasitor.
Sebelumnya 1 kapasitor untuk 2 tabung. Wer..... mesin cuci sudah ok dan putaran dinamo makin kenceng.

Kesimpulannya:

  1. Mesin dengung tapi dinamo tidak berputar / dinamo berputar jika tanpa fan belt atau sabuk roda mesin / mesin berputar jika harus dibantu diputar pakai tangan. Kemungkinan rusak ada pada KAPASITOR. Jika 1 kapasitor untuk 2 tabung, tambah kapasitor sehingga masing-masing tabung punya kapasitor. 1 kapasitor untuk tabung pengering dan 1 kapasitor untuk tabung penyuci.
  2. Dinamo rusak perlu dililit ulang. Gejalanya: - dinamo tidak berdengung, - dinamo tidak berputar sama sekali meskipun tanpa beban atau sudah ganti kapasitor. Kalo cek dinamo langsung ke listrik tanpa dikasih kapasitor otomatis dinamo tidak berputar.
Semoga bermanfaat.....

4 comments:

Djunaidi Flasnetcom said...

mantap gan. makasi infonya

Anonymous said...

untuk nambah kapasitor,apakah ukurannya harus sama dgn yg pertama...trus di pasang di sebelah mana??

Anonymous said...

asslm;
sya pnya permasalah dengan mesin cuci saya,sdh sya ganti kapasitornya tetap masih dengung,,!! bs berputar tetapi suaranya sangat keras dan berisik,
tolong kasih penjelasan dan kalaupun dinamonya yg rusak gmana caranya membukanya?
terima kasih

Luna Sweet said...

Berita Sepak bola
cerita dewasa
lotere indonesia
nonton bokep
Nonton Movie Online
Film Bioskop Terbaru
berita artis hot

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz