Blogger Indonesia dengan penghasilan 10 Juta per bulan

.

Berdasarkan hasil polling yang diadakan oleh Blogguebo, ternyata lebih dari 20 blogger Indonesia mempunyai penghasilan 10 juta perbulan dari aktivitas blogging. Wow.. keren abiz, ternyata pekerjaan blogging bisa menghasilkan rupiah yang lumayan besar.


Hasil polling dari blogguebo adalah sebagai berikut :

Tidak Ada: 81 blogger (atau 38%)
Dibawah 100 Ribu: 39 blogger (atau 18%)
100 - 500 Ribu: 19 blogger (atau 9%)
600 - 900 Ribu: 14 blogger (atau 6%)
1 - 2 Juta: 13 blogger (atau 6%)
2 - 3 Juta: 8 blogger (atau 3%)
3 - 4 Juta: 3 blogger (atau 1%)
4 - 5 Juta: 5 blogger (atau 2%)
5 - 10 Juta: 6 blogger (atau 2%)
Diatas 10 Juta: 23 blogger (atau 10%)

Apa findings menarik yang bisa diwakili oleh hasil polling sederhana ini?

Pertama, mayoritas blogger Indonesia telah mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging. Dari 211 blogger yang terlibat dalam polling ini, hanya 81 blogger (atau 38%) yang menyatakan tidak mendapatkan uang dari ngeblog. Sisanya, 130 blogger (atau 62%) menyatakan telah mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog dengan jumlah nominal yang berbeda-beda.

Kedua, dari 130 blogger yang telah mendapatkan uang dari aktivitas blogging, lebih dari separuh atau sebanyak 72 blogger mendapatkan penghasilan dibawah 1 juta rupiah per bulan. Dari ke-72 blogger tersebut, 39 blogger mendapatkan penghasilan dibawah 100 ribu per bulan, 19 blogger mendapatkan 100 sampai 500 ribu per bulan dan 14 blogger mendapatkan 600 sampai 900 ribu per bulan dari aktivitas blogging. Artinya, meskipun telah mendapatkan uang dari aktivitas blogging, namun jumlah yang didapat masih relatif kecil.

Ketiga, cukup banyak blogger Indonesia yang telah mendapatkan penghasilan jutaan rupiah per bulan dari aktivitas blogging. Hasil polling ini menunjukkan bahwa terdapat 58 blogger yang sedikitnya telah mendapatkan penghasilan 1 juta rupiah per bulan dari blog mereka.

Keempat, sebanyak 23 blogger Indonesia telah mendapatkan penghasilan diatas 10 juta rupiah per bulan dari blog mereka. Findings ini mengejutkan dan sekaligus meragukan. Mengejutkan karena ternyata sudah cukup banyak blogger Indonesia yang menghasilkan uang puluhan juta rupiah dari blog mereka. Meragukan karena benarkah angka 23 ini benar-benar mewakili jumlah blogger Indonesia yang mendapatkan penghasilan diatas 10 juta rupiah per bulan? Ataukah hanya ulah iseng beberapa teman blogger yang ingin "meramaikan" polling ini? Saya pribadi agak meragukan angka ini. Anda tentu boleh berbeda pendapat dengan saya.

Terlepas dari keterbatasan polling ini, yang pasti kita bisa menyepakati bahwa trend aktivitas make money from blogging di Indonesia kini semakin berkembang dan diterima secara positif. Toh, dapet duit dari ngeblog nggak haram kok. Iya, kan? :)

Sumber: http://www.blogguebo.com

Jika artikel ini bermanfaat silahkan tulis email anda:

Delivered by FeedBurner



3 comments:

indotopten said...

mantaplah itu :)
seandainya pemilik blog yang berpenghasilan diatas 10 juta bisa berbagi ilmu yang dimiliki niscaya blogger indonesia makmur-makmur, tul gak?

yo2k said...

Di internet sangat buanyak peluang buat berburu $$$, mulai dari adsense, sponsor review, link work, dll. Kalo ilmu buat tehnik adsense silahkan cek di http://www.adsense-id.com/forums/

menambahtinggi badan said...

Mas kok gak disebutin , bisnis apa yang mereka tekunin dari blogging itu ?!!!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Komentar Baru

Support by | Allianz